Setelah Jadi Tersangka, Zumi Zola Malah Terima Penghargaan

Iklan Google

Jumat (2/2/2018). KPK baru saja menetapkan Gubernur Jambi, Zumi Zola sebagai tersangka kasus suap atau gratifikasi.

Penetapan itu resmi diumumkan Oleh KPK.  Selang sehari menyandang status tersangka, Zumi Zola menerima penghargaan khusus atau award dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jambi. 

Penyerahan sertifikat penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua PWI Provinsi Jambi, Saman. pada 3 Februari 2018 di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi.

Zumi Zola menerima penghargaan itu atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi. Di mata PWI Jambi, Gubernur Zumi Zola dan Pemprov Jambi dinilai sebagai institusi daerah yang berperan penting dalam koordinasi dan pembinaan pers.

Kerjasama pemerintah dengan media sangat diperlukan guna mendukung pembangunan," ujar Zumi Zola dalam sambutannya.

"Media memiliki peran sangat penting sekali bagi pemerintahan. Program sebaik tanpa adanya pemberitaan dari media tentunya tidak akan maksimal.


Tokoh lain yang menerima penghargaan itu adalah Bupati Merangin Al Haris, Bupati Muarojambi Masnah Busro, Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) Safrial MS, dan Wali Kota Jambi Syarif Fasha. Usman Ermulan yang merupakan mantan Bupati Kabupaten Tanjabbar. Hendry Attan selaku ketua Laskar Merah Putih. Dan  PT Petrochina International dan PT Asian Agri.

KPK menetapkan Gubernur Jambi Zumi Zola sebagai tersangka atas dugaan menerima hadiah atau janji terkait proyek-proyek di Provinsi Jambi. Senilai 6 Miliar Rupiah.

Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan mengatakan, Penerimaan itu terjadi dalam kurun waktu jabatan sebagai Gubernur Jambi periode 2016 sampai 2021.

"Jumlahnya sekitar Rp 6 miliar," Tak tertutup kemungkinan, uang yang diduga diterima Zumi Zola jumlahnya bertambah. Sebab, saat ini tim penyidik masih melakukan penghitungan di lapangan.

KPK telah memeriksa 13 orang saksi. Mereka berasal dari unsur pejabat pemerintah, PNS, dan ada juga dari pihak swasta. Zumi Zola sendiri sudah dicekal sejak 25 Januari lalu.

"Penyidik masih terus melakukan pengembangan dalam perkara ini. Setelah penggeledahan dilakukan dilanjutkan dengan pemeriksaan saksi," ungkap Basaria.
Sumber : liputan6.com

1 2 3
Berita Terbaru : Bupati Jombang Nyono Ditangkap KPK, Diduga Terima 5 Persen dari Pungli 34 Puskesmas

loading...
Iklan Google

Subscribe to receive free email updates: